Jual Bibit Kakao

Kakao atau Coklat merupakan salah satu makanan ringan yang mana asal muasal coklat itu sendiri berasal dari olahan biji kakao. Coklat berbeda dengan kakao, yang mana coklat ini merupakan hasil olahan dari biji kakao.

Coklat pertama kali dikenalkan oleh bangsa Mesoamerika, dahulu makanan berupa coklat ini masih dijadikan hanya sebagai minuman oleh kaum bangsawan dan raja. Saat ini coklat sudah bisa dikonsumsi oleh berbagai kalangan, biasanya digunakan untuk hadiah sebuah perayaan. Coklat bisa dimakan dalam keadaan panas ataupun dingin.

Jual Bibit Kakao

Hingga saat ini rasa coklat sulit untuk dimengerti pasalnya coklat sendiri tercipta dari campuran 1.200 macam zat dan tidak ada satu zat pun yang menghasilkan rasa yang paling dominan.

Efek psikologis saat mengkonsumsi coklat ini terasa sangat lumer, karena lemak kakao ini berada dalam suhu dibawah suhu normal manusia. Efek lumer ini bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita antara lain dapat meningkatkan aktivitas otak dan memperkuat denyut jantung (bagi penderita jantung lemah).

Coklat juga memiliki beragam macam kandungan dan juga terdapat senyawa alkaloid seperti halnya anandamida, teobromin, dan feletinamina. Coklat juga dapat menurunkan tekanan darah (apabila dikonsumsi dengan porsi secukupnya). Coklat juga dapat mencegah pembentukan radikal bebas dalam tubuh karena mengandung anti oksidan.

Biji kakao mentah memiliki rasa seperti dark chocolate, tetapi agak lebih pahit. Dalam 100 gram biji kakao yang telah dihaluskan ada berbagai zat gizi yang terkandung, yaitu:

  • 228 gr kalori
  • 14 gr lemak
  • 0 mg kolesterol
  • 24 mg natrium
  • 59 gr karbohidrat
  • 17 gr protein
  • 1,5 gr gula
  • 83 gr serat makanan
  • 19 % kalsium
  • 87% zat besi

Sebelum menggunakannya sebagai bahan pembuat kue, es krim, dan berbagai sajian favorit lainnya, cermati dulu beberapa manfaat kakao bubuk berikut ini:

1. Tinggi antioksidan

Bubuk kakao adalah salah satu jenis makanan yang sangat kaya akan kandungan flavonoid sebagai bagian dari senyawa polifenol. Kedua senyawa ini merupakan antioksidan secara alami. Antioksidan adalah zat yang bertugas untuk menangkal dan juga membasmi efek buruk dari adanya serangan radikal bebas, yang mana dapat memicu timbulnya berbagai penyakit dalam tubuh seperti stroke,serangan jantung,dan diabetes.

.

Jual Bibit Kakao

Senyawa polifenol ini banyak dikaitkan dengan beragam manfaat kesehatan. Mulai dari mengurangi peradangan, memperlancar aliran darah, menurunkan tekanan darah, hingga meningkatkan kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh.

2. Mengurangi risiko serangan jantung dan stroke

Oleh karena kandungan flavonoidnya yang tinggi, maka bubuk kakao dipercaya dapat memperkecil peluang Anda mengalami serangan jantung dan stroke. Pasalnya, flavonoid akan berperan dalam meningkatkan oksida nitrat di dalam darah yang akan melebarkan arteri dan pembuluh darah dalam tubuh, sehingga aliran darah meningkat.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh British Cardiac Society pada hampir setidaknya 190.000 orang menemukan tentang sebuah fakta bahwa ketika terlalu banyak memakan cokelat nyatanya dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Hal ini,karena tanaman kakao diyakini mampu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh secara optimal.

3. Mengurangi gejala depresi

Cokelat sudah lama dikenal bisa memperbaiki suasana hati seseorang. Ternyata, hal ini disebabkan oleh adanya bubuk kakao yang mempunyai andil yang cukup besar dalam hal ini. Menurut dr. Elson Haas, seorang penulis buku serta pakar botani Staying Healthy with Nutrition, mengungkapkan jika bubuk dari biji kakao ini bisa memperbaiki suasana hati,dan sekaligus dapat mengatasi depresi dalam tingkatan yang berbeda-beda.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>